18:18 WIB - Akan Bertransaksi Narkoba, Warga Simalinyang ini Ditangkap Polsek Kampar Kiri 15:33 WIB - Satlantas Pekanbaru “Mengudara” Himbau Generasi Muda Agar Tertib Berlalu Lintas 15:22 WIB - Jumat Peduli, Polsek Langgam Santuni Warga Kurang Mampu di desa Gondai 15:12 WIB - Personel Polres Inhu Gotong Royong di Tempat Pembuangan Sampah Akhir Batu Canai 15:01 WIB - Polsek Teluk Meranti Patroli Karhutla di Desa Pulau Muda 13:48 WIB - Selaku Kepala Satgas Daerah, Wakapolda Riau Pimpin FGD Terkait Strategi Perluasan BPNT di Riau
 
Operasi Zebra Muara Takus 2018 Berakhir, 1.757 Pelanggar Lalu Lintas Di Pekanbaru Ditilang
Lantas | Selasa, 13-11-2018 - 13:35:08 WIB
Penulis: CV

TERKAIT:
 
  • Operasi Zebra Muara Takus 2018 Berakhir, 1.757 Pelanggar Lalu Lintas Di Pekanbaru Ditilang
  •  

    TBnewsriau.com - Operasi Zebra Muara Takus 2018 telah berakhir, Senin (12/11/18) kemarin. Operasi penegakan hukum terhadap pelanggar lalu lintas yang dilaksanakan oleh Kepolisian Resor Kota (Polresta) Pekanbaru ini sebelumnya berjalan selama 14 hari terhitung mulai tanggal 30 Oktober sampai tanggal 12 November 2018. Selama 14 hari pelaksanaan Operasi Zebra Muara Takus 2018 Polresta Pekanbaru telah mengeluarkan sebanyak 1.757 lembar surat tilang dan 780 teguran.   

    Dari jumlah tersebut pelanggaran terbanyak didominasi oleh sepeda motor yakni sebanyak 1.280 pelanggaran dengan jenis pelanggaran terbanyak yaitu tidak menggunakan helm SNI, dan melawan arus lalu lintas. Sedangkan untuk mobil dan kendaraan khusus ditemukan sebanyak 477 pelanggaran lalu lintas, dengan jenis pelanggaran terbanyak yakni tidak menggunakan sabuk pengaman (safety belt). 

    Untuk usia pelaku pelanggaran lalu lintas didominasi usia antara 21-25 tahun yang berjumlah 513 orang. Untuk lokasi yang paling sering ditemukan pelanggaran lalu lintas yakni kawasan perbelanjaan yang berjumlah 789 pelangaran lalu lintas.

    Selama pelaksanaan Operasi Zebra Muara Takus 2018, Polresta Pekanbaru khusunya Satuan Lalu Lintas melakukan berbagai upaya dalam menyampaikan pesan pesan keselamatan berlalu lintas, mulai dari pemasangan spanduk himbauan, sosialisasi di media, membagikan brosur dan stiker pelopor keselamatan berlalu lintas, pelatihan safety riding hingga pemberian hadiah kepada pengendara yang tertib berlalu lintas. 

    Jika dibandingkan dengan pelaksanaan Operasi Zebra pada tahun  2017 angka  pelanggaran lalu lintas pada tahun 2018 mengalami penurunan sebanyak  32 %, dari angka 2.605 menurun menjadi 1.757 pelanggaran. Hal itu berarti masyarakat sudah mulai memahami pentingnya tertib berlalu lintas untuk keselamatan berkendara. Sedangkan jumlah kecelakaan lalu lintas selama operasi zebra masih tetap diangka yang sama yakni 2 kasus kecelakaan namun untuk korban kecelakaan jika pada tahun 2017 terdapat 1 korban meninggal dunia, pada tahun 2018 tidak ada korban yang meninggal dunia.

    Kasat Lantas Polresta Pekanbaru Kompol Rinaldo Aser, berharap dengan berakhirnya Operasi Zebra Muara Takus 2018 ini diharapkan masyarakat dapat lebih sadar akan keselamatan berlalu lintas, ia juga menegaskan dengan berakhirnya Operasi Zebra pihaknya akan terus melakukan penindakan terhadap pelanggaran lalu lintas.

    "Operasi Zebra juga merupakan sebagai langkah awal dalam pelaksanaan Operasi Lilin yang sebentar lagi akan digelar", terang Rinaldo.



     
    Berita Lainnya :
  • Humaniora
    Akan Bertransaksi Narkoba, Warga Simalinyang ini Ditangkap Polsek Kampar Kiri
  • Lantas
    Satlantas Pekanbaru “Mengudara” Himbau Generasi Muda Agar Tertib Berlalu Lintas
  • Mitra Polisi
    Jumat Peduli, Polsek Langgam Santuni Warga Kurang Mampu di desa Gondai
  • Mitra Polisi
    Personel Polres Inhu Gotong Royong di Tempat Pembuangan Sampah Akhir Batu Canai
  • Reskrim Um
    Polsek Teluk Meranti Patroli Karhutla di Desa Pulau Muda
  • Giat Ops
    Selaku Kepala Satgas Daerah, Wakapolda Riau Pimpin FGD Terkait Strategi Perluasan BPNT di Riau
  • BinKam
    Tim Opsnal Satres Narkoba Polresta Amankan Sepasang Pelaku Diduga Pengedar Extacy
  • BinKam
    Unit Reskrim Polsek Kuantan Hilir Amankan 2 Pelaku Diduga Pecandu Narkoba
  • Lantas
    Tabrakan dengan Mobil Box, Pelajar SMKN 3 Mandau Luka Parah
  • Lantas
    Laka Di Jalan Poros RAPP Desa Segati, Tersangka Ini Divonis Dua Tahun Penjara
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Sabtu, 23-Februari-2019 | Jam Digital
    © 2015-2019 TRIBRATA NEWS RIAU, All Rights Reserved