00:24 WIB - Bandar Narkoba Antar Kabupaten Berhasil Diringkus Polsek Batang Gangsal 00:17 WIB - PN Bengkalis Gugurkan Kasus Praperadilan Tersangka Narkoba 00:09 WIB - Jalin Silaturahmi Bersama Awak Media, Kasat Lantas Polres Bengkalis Gelar Coffee Morning 23:47 WIB - Pada Perayaan HUT Brimob ke 74, Wakapolda Riau Ingatkan Tugas Besar di Tahun 2020 Menunggu 19:20 WIB - Dinyatakan P21, Polda Riau Limpahkan Berkas Perkara Kasus Karhutla PT SSS Ke Kejaksaan 19:02 WIB - Polda Riau Tetapkan PT TI di Inhu jadi Tersangka Karhutla, Asisten Kebun Ditahan
 
Cegah Kecelakaan Lalu Lintas, Polda Riau Terapkan Gakkum Edukatif
Lantas | Rabu, 16-10-2019 - 16:57:56 WIB
Penulis: AA

TERKAIT:
 
  • Cegah Kecelakaan Lalu Lintas, Polda Riau Terapkan Gakkum Edukatif
  •  

    tribratanewsriau.com Direktorat Lalu Lintas Polda Riau akan menggelar Operasi Zebra 2019 pada akhir Oktober 2019. Dalam penindakan, polisi mengedepankan mengedukasi dengan cara membeberkan pentingnya alat kelengkapan saat berkendara ke setiap pengendara di jalan.

    Sebagaimana diberitakan oleh kantor berita halloriau com menyatakan bahwa Direktur Lalu Lintas Polda Riau, Kombes Bhirawa Braja Paksa memberi pernyataan"Kami akan lebih menggunakan pola penindakan dengan model penegakkan hukum (Gakkum) edukatif yakni pendekatan personal terhadap pengemudi. Itu dilakukan demi mencegah kecelakaan lalu lintas," ujarnya Selasa (15/10/2019).

    Bhirawa mencontohkan, ketika seorang pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm maka polisi akan menggambarkan bahaya kecelakaan yang akan dihadapinya. Begitu juga dengan pengemudi mobil yang tidak menggunakan sabuk pengaman.

    "Saat disetop, pengendara akan disuguhi dengan penjelasan bahaya yang dihadapinya jika tidak menggunakan helm. Kalau dia jatuh, maka kepalanya akan lebih mudah terbentur dengan aspal. Potensi kematian akan lebih besar," ucap Bhirawa.

    Bagi pengemudi mobil yang tidak kalau menggunakan sabuk pengaman, ketika kecelakaan juga lebih rentan. Bila dada terbentur ke setir yang juga berpotensi kematian.

    Itu merupakan cara polantas dalam memberikan sentuhan ke minset pengemudi akan pentingnya keamanan dan keselamatan berlalu lintas dengan mematuhi peraturan lalu lintas. Namun, polisi akan tetap tegas memberikan surat tindakan langsung (tilang) bagi pengendara yang melanggar peraturan, apalagi berakibat fatal.

    "Kami mensosialisasikan kepada masyarakat apa yang menjadi program pembenahan kita pada operasi kali ini. Yaitu pada kelengkapan surat surat kendaraan sebagai legalitas operasional di jalan, dan juga SIM sebagai legalitas kompetensi kelayakan mengemudi," terangnya.

    Selain itu, polisi juga akan membeberkan kelengkapan laik jalannya kendaraan bermotor pada kendaraan angkutan orang, baik pribadi maupun angkutan umum serta angkutan barang.

    "Petugas juga akan menjelaskan kepada pengendara, misalnya tidak menggunakan kaca spion, maka dia tidak bisa melihat pengendara lain di belakang dan samping. Jadi hal–hal semacam itu yang kita kedepankan, bukan semerta–merta langsung main tilang," tegas Bhirawa.

    Bhirawa berharap dengan sosialisasi ini akan memberikan waktu pada pengemudi untuk mulai memperbaiki diri. Baik kelengkapan kendaraan dan menyadarkan pengemudi akan pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas demi Kamseltibcar Lantas.

    "Jadi, mulai sekarang, lengkapi lah kendaraan motor dengan akat yang sudah ada sejak dibeli, jangan dikurang–kurangi. Kaca spion tetap dua, lampu dihidupkan," pungkas Bhirawa.




     
    Berita Lainnya :
  • Res Narkoba
    Bandar Narkoba Antar Kabupaten Berhasil Diringkus Polsek Batang Gangsal
  • Humaniora
    PN Bengkalis Gugurkan Kasus Praperadilan Tersangka Narkoba
  • Lantas
    Jalin Silaturahmi Bersama Awak Media, Kasat Lantas Polres Bengkalis Gelar Coffee Morning
  • Humaniora
    Pada Perayaan HUT Brimob ke 74, Wakapolda Riau Ingatkan Tugas Besar di Tahun 2020 Menunggu
  • Reskrim Sus
    Dinyatakan P21, Polda Riau Limpahkan Berkas Perkara Kasus Karhutla PT SSS Ke Kejaksaan
  • Reskrim Sus
    Polda Riau Tetapkan PT TI di Inhu jadi Tersangka Karhutla, Asisten Kebun Ditahan
  • Brimob
    Satu Terduga Teroris Serang Polisi Dengan Ketapel
  • Giat Ops
    Puslitbang Polri melakukan Penelitian Dampak Positif dan Negatif Pelaksanaan Pilkada 2020
  • Res Narkoba
    Ekspos Kasus Narkoba, Dua tersangka merupakan pengunjung dan sekuriti
  • Reskrim Sus
    Kasus Karhutla PT SSS P21, Polda Riau segera Limpahkan ke Kejaksaan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Jum'at, 15 November 2019 | Jam Digital
    © 2015-2019 TRIBRATA NEWS RIAU, All Rights Reserved