16:43 WIB - Warga Kubang Jaya Dihebohkan Dengan Penemuan Mayat 15:54 WIB - Bawaslu Tanah Datar Tindak lanjuti Suara Tercecer Di Kampar 14:03 WIB - 5 Kali Gagal Tes TNI, 1 Kali Gagal Tes Polisi, Beginilah Cerita Anak Buruh Di Meranti 13:51 WIB - Pelaku Serta Penadah Diamankan Sat Reskrim Polres Kepulauan Meranti 13:37 WIB - Riau Jalur Masuk Narkoba Asal Malaysia 13:37 WIB - Polsek Rengat Barat Selidiki Temuan Kerangka Manusia Di Kebun Karet
 
Tekad Mulia Sang Brigadir Polda Riau
Mitra Polisi | Rabu, 17-02-2016 - 09:15:48 WIB
Penulis: Administrator
Bripka Suheri Sitorus
TERKAIT:
 
  • Tekad Mulia Sang Brigadir Polda Riau
  •  

    TBNewsriau - Bripka Suheri Sitorus (37 th), merupakan seorang personil Babinkamtibmas Polsek Bonai Darussalam Polres Rokan Hulu Polda Riau. Tekad mulianya mengajar baca tulis huruf latin dan metode Iqra di suku Sakai Desa Pauh kec Bonai Darussalam, mengantarnya menjadi Anggota Polri berprestasi. Upayanya ini juga mengantarnya lulus sebagai salah satu bintara Polri yang berhak mengikuti pendidikan SIP untuk menjadi salah satu perwira di Polda Riau tahun ini.

    Upayanya dalam mengajar baca tulis suku Sakai ini dimulai bulan November 2012 lalu. Sekitar 97% suku ini tidak mengenal sekolah. Tahun 1998 suku ini disyahadatkan dan memeluk Islam secara massal namun mereka tidak mengenal baca tulis. Baru tahun 2012 Bripka Suheri merintis pendidikan untuk suku Sakai ini. Upayanya tentu saja tidak mudah. Puluhan anak didiknya adalah warga yang berusia 18 s/d 45 tahun bahkan beberapa diantaranya malah ada yang sudah berusia 50 tahun. Bripka Suheri bahkan menggunakan penghasilan resminya dari dana remunerasi di Kepolisian untuk membeli buku buku Iqra untuk belajar baca Quran dan buku buku belajar huruf latin untuk murid muridnya.

    Beruntung sekali, isterinya, Ismaini, 34 tahun, mengikhlaskan dana remunerasi yang diterima suaminya setiap bulan untuk biaya pendidikan masyarakat suku Sakai ini. Kini sebagian besar murid muridnya sudah bisa membaca dan menulis, Sebagian lagi masih terbata bata dan masih mengeja karena faktor usia yang tidak lagi muda.

    Tahun 2015 kemaren Kapolres Rokan Hulu Poda Riau, AKBP Pitoyo Agung Yuwono memberikan SIM gratis bagi murid murid Bripka Suheri yang telah pandai membaca dan menulis. Namun demikian upaya Bripka Suheri masih terkendala untuk mendapatkan ijazah paket A untuk murid muridnya. Kapolres AKBP Pitoyo sudah membantu pengurusan ijazah paket A namun masih terhambat di Dinas Pendidikan Kabupaten Rohul hingga saat ini.

    Atas prestasinya ini Bripka Suheri Sitorus mendapatkan penghargaan dari Kapores Rohul, kemudian dari Kapolda Riau dalam acara HUT Bhayangkara tanggal 1 Juli 2015, berturut turut juara 2 Kompolnas Award di Jakarta pada tanggal 28 Desember 2015 lalu dan juara 1 Film Dokumenter Kapolri Award Desember 2015 lalu. Dan kini Bripka Suheri tinggal menunggu waktu keberangkatan untuk melanjutkan pendidikan menjadi Perwira Polri di Jakarta dalam pendidikan SIP (Sekolah Inspektur Polisi).
    (By: AA)



     
    Berita Lainnya :
  • Humaniora
    Warga Kubang Jaya Dihebohkan Dengan Penemuan Mayat
  • Humaniora
    Bawaslu Tanah Datar Tindak lanjuti Suara Tercecer Di Kampar
  • Humaniora
    5 Kali Gagal Tes TNI, 1 Kali Gagal Tes Polisi, Beginilah Cerita Anak Buruh Di Meranti
  • Res Narkoba
    Pelaku Serta Penadah Diamankan Sat Reskrim Polres Kepulauan Meranti
  • Res Narkoba
    Riau Jalur Masuk Narkoba Asal Malaysia
  • Reskrim
    Polsek Rengat Barat Selidiki Temuan Kerangka Manusia Di Kebun Karet
  • Humaniora
    Kapolres Rohul : Secara Umum Pelaksanaan Pemilu 2019 Aman Dan Lancar
  • Humaniora
    Wakapolda Riau Hadiri Vicon Kemendagri Dalam Pemantauan Situasi Pemilu
  • Humaniora
    Polresta Pekanbaru Amankan Pleno Tingkat PPK
  • Res Narkoba
    Polres Rohil Amankan Terduga Pelaku Narkoba
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Minggu, 21-April-2019 | Jam Digital
    © 2015-2019 TRIBRATA NEWS RIAU, All Rights Reserved