13:14 WIB - Apel Gelar Pasukan Serentak Dalam Rangka Kesiapan Pengamanan Pemilu tahun 2019 di Kab. Kampar 12:59 WIB - Sat Res Narkoba Polres Pelalawan Amankan Pelaku Penyalahgunaan Narkoba Jenis Shabu 12:57 WIB - Polres Inhu Laksanakan Apel Bersama di RTH 12:51 WIB - Hendak Pesta Ganja Ketiga Pelaku Ini Diamankan Petugas 12:47 WIB - Polres Rokan Hulu Laksanakan Apel Bersama Dalam Rangka Pemilu 2019 12:25 WIB - Irwasda Polda Riau Laksanakan Kegiatan Riau Gemilang Bersama Jamaah Masjid Muthmainah
 
Bripka Anra Nosa, Bintara Polda Riau Yang Ditunjuk PBB, Pimpin Dua Jenderal Dunia
Mitra Polisi | Kamis, 03-03-2016 - 17:14:47 WIB
Penulis: Administrator

TERKAIT:
 
  • Bripka Anra Nosa, Bintara Polda Riau Yang Ditunjuk PBB, Pimpin Dua Jenderal Dunia
  •  

    Tbnewsriau. Perawakannya tegap - meyakinkan. Bicaranya tegas namun sopan. Lahir dan dibesarkan dari Ortu etnic Minang di kota Padang (Sumbar), Anra Nosa, S.H., M.Hum, adalah seorang Bintara Polri yang sangat dibanggakan Polda Riau. Dalam usianya kini 33 tahun ia mampu membawa harum nama institusi Polda Riau ke kancah dunia. Sebelum ditugaskan menjadi anggota UNPolice (Polisi PBB) beliau tercatat sebagai penyidik di Reskrim Polda Riau. Awal mula beliau ikut seleksi menjadi UNPolice adalah karena Secarik kertas pengumuman dari Mabes Polri Jakarta yang menarik hatinya untuk ikut seleksi menjadi UNPolice (Polisi PBB) yang akan ditugaskan di Darfur (Sudan Selatan). Ada seribuan lebih anggota Polri dari seluruh Polda di Indonesia yang ikut seleksi, hingga ke Jakarta tersisa 560 personil Polri. Proses seleksi ini sangat panjang hingga harus mengikuti seleksi lagi di New York, Amerika Serikat, bersaing lagi dengan polisi lain diseluruh dunia hingga akhirnya terpilih sebanyak 15 personil tsb.

    Dilema datang karena Saat itu, November 2013, ia dalam persiapan untuk menikah. Ia beritahu calon isterinya, Marisa Titany, SIP. Soal tugasnya selaku Anggota Polri yang akan bertugas sebagai UnPolice di Darfur, Sudan Selatan. Setelah dengan perhitungan matang, Akhirnya mereka sepakat menikah bulan Desember 2013. Pada bulan Agustus 2014, mantan penyiar Radio CBS Pekanbaru ini, berangkat ke Sudan dengan kondisi isteri sedang hamil 6 bulan. Tentu saja ini agak membuatnya gundah. Namun genderang perang sudah ditabuh, pantang baginya untuk surut kebelakang. Tugas yang dibebankan pimpinan Polri untuk mewakili Indonesia selaku  sebagai Polisi Dunia sudah menunggu. Sesampainya di Sudan, kondisi cuaca dan suhu yang mencapai 41 s/d 43 derajat celcius tentu saja sangat tidak bersahabat bagi dirinya yang terbiasa dengan suhu tropis. Namun semua kendala itu bisa diatasinya.

    Yang paling berkesan bagi dirinya adalah belum lama mulai bertugas di sana ada demo dari pengungsi Sudan, seorang personil UNPolice, Kolonel Mario dari Jerman memerintahkan Team untuk memasukkan puluhan orang pengunjuk rasa ini ke Holding Facility (semacam penjara). Tapi Anra Nosa tidak mau, Kebijakan Kolonel Mario dibantahnya,  ia teringat atasannya di Polda Riau yang mengajarkan untuk menangani pengunjuk rasa dengan damai. Ia terima si pengunjuk rasa, ia tanya apa keinginan keinginan mereka, rupanya mereka minta diwadahi ke WFP (Worl Food Suplemen), sebuah Organisasi PBB yang menangani soal makan pengungsi. Problem solved, Bripka Anra Nosa sukses dengan cara yang ia tempuh.

    Karena kesuksesan menyelesaikan  ini juga, personil Polda Riau yang menerima Gaji dari UNPolice sebesar $ 2.550 USD atau sekitar Rp 35 juta rupiah perbulan ini, dipanggil oleh SRSG (Senior Representatif Secretary General) yang dipimpin oleh seorang Jenderal wanita Angkatan Darat Inggris yang sama sama bertugas di Sudan. Dari si Jenderal wanita Inggris inilah kemudian Bripka Anra Nosa dianggap mampu dan punya kecakapan yang cukup untuk menjadi Team Leader yang membawahi 35 personil UNPolice. Dalam Team yang ia pimpin ini terdapat 2 personil berpangkat Jenderal, belasan personil lainnya berpangkat Kolonel dan Letnan Kolonel di negara mereka masing masing. Sementara ia sendiri hanyalah Bintara Polri yang berpangkat Bripka (setara Sersan Mayor di TNI). Tentu prestasi ini sangat membanggakan bagi Polda Riau dan Institusi  Polri secara umum.

    Saat ini Bripka Anra Nosa sedang melaksanakan cuti, pulang ke tanah air untuk menghadiri Ulang tahun anak semata wayangnya yang sudah genap berusia setahun. Dalam kesempatan ini jugalah Bripka Anra Nosa bertandang ke ruang Humas Polda Riau dan berbincang ringan dengan Team PID Humas Polda Riau.

    Tentu hal ini sangat membanggakan tak hanya bagi Indonesia, tapi juga bagi Polda Riau karena mampu mengirim Anggota Polri berprestasi di kancah dunia. Semoga makin banyak anak anak muda Riau yang berprestasi yang akan masuk dunia Kepolisian dan berprestasi seperti Bripka Anra Nosa. Foto foto lengkap Bripka Anra Nosa dapat dishare di Facebook (AA)

    Foto foto :
    https://www.facebook.com/BidHumasPoldaRiau/posts/1161825533835370



     
    Berita Lainnya :
  • Humaniora
    Apel Gelar Pasukan Serentak Dalam Rangka Kesiapan Pengamanan Pemilu tahun 2019 di Kab. Kampar
  • BinKam
    Sat Res Narkoba Polres Pelalawan Amankan Pelaku Penyalahgunaan Narkoba Jenis Shabu
  • Humaniora
    Polres Inhu Laksanakan Apel Bersama di RTH
  • BinKam
    Hendak Pesta Ganja Ketiga Pelaku Ini Diamankan Petugas
  • Humaniora
    Polres Rokan Hulu Laksanakan Apel Bersama Dalam Rangka Pemilu 2019
  • BinKam
    Irwasda Polda Riau Laksanakan Kegiatan Riau Gemilang Bersama Jamaah Masjid Muthmainah
  • Humaniora
    Kabid Humas Polda Riau Gelar Nonton Bareng Pohon Terkenal
  • Polair
    Mantan Kabid Kum Polda Riau Kini Menjabat Dir Polair Polda Kalteng
  • Giat Ops
    Apel Gelar Pasukan Serentak Operasi Mantap Brata 2018 Dalam Rangka Kesiapan Pengamanan Pemilu tahun
  • Reskrim Sus
    Hujan Lebat Melanda Rengat, Karhutla Berkurang Drastis
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Sabtu, 23-Maret-2019 | Jam Digital
    © 2015-2019 TRIBRATA NEWS RIAU, All Rights Reserved