Perayaan HUT Brimob ke 70 di Polda Riau di Lapangan Brimob Pekanbaru yang dilaksanakan pada tanggal 14 November 2015. Yang menjadi Irup Bri" />
22:15 WIB - Gagal Mencuri Motor, Pelaku Babak Belur Dihakimi Warga 22:09 WIB - Amankan Pleno Kecamatan, Kapolres Bengkalis : Ini Merupakan Tanggung Jawab Polri 22:05 WIB - Polres Kuansing Dalami Kasus Tewasnya Warga Oleh Oknum Anggota Polres Kuansing 21:55 WIB - Polres Dumai Amankan Sepasang Kekasih Yang Lagi Asik 21:09 WIB - Dua Terdakwa Korupsi Jalan Bengkalis Diadili, Miliaran Uang Negara 20:54 WIB - Palsukan Dokumen, Dua Tahanan Narkoba di Inhu Kabur dari Hotel
 
HUT Brimob Ke-70
Brimob | Sabtu, 14-11-2015 - 11:25:07 WIB
Penulis: Administrator
Periksa Pasukan Upacara memperingati HUT Brimob ke-70 Polda Riau.
TERKAIT:
 
  • HUT Brimob Ke-70
  •  

    TriBrataNewsRiau - Perayaan HUT Brimob ke 70 di Polda Riau di Lapangan Brimob
    Pekanbaru yang dilaksanakan pada tanggal 14 November 2015. Yang menjadi
    Irup Brigjen Pol Drs. Dolly Bambang Hermawan.

    Dihari ini, tepat pada tanggal 14 November 2015 ini, catatan sejarah tentang perjalanan panjang lahirnya pasukan elite Polri pada 69 tahun silam kembali dikenang, yakni lahirnya satuan elite pasukan Polri bernama Brigade Mobil atau disingkat Brimob.

    Dalam perjalanannya, Brimob pertama-tama terbentuk dengan nama Tokubetsu Keisatsutai atau Pasukan Polisi Istimewa. Kesatuan ini, diberikan tugas melucuti senjata tentara Jepang, melindungi kepala negara, dan mempertahankanIbu Kota.

    Brimob turut berjuang dalam pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Di bawah pimpinan Inspektur Polisi I Mohammad Yasin.

    Brimob merupakan kesatuan paling pertama di Indonesia. Pada masa penjajahan Jepang Brimob dikenal dengan sebutan Tokubetsu Keisatsutai. Pasukan yang pertama kali mendapat penghargaan dari Presiden pertama Republik Indonesia Ir Soekarno, yaitu penghargaan Sakanti Yano Utama.

    Seiring perjalanannya membela negara, pada tanggal 14 November 1946 Perdana Menteri Sutan Sjahrir membentuk Mobile Brigade (Mobrig) sebagai ganti Pasukan Polisi Istimewa. Tanggal inilah yang kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Korps Baret Biru ini.

    Di sini, di atas Tanah Melayu. Pasukan elite Polri ini hadir berjuang pada tahun 1948 dengan sebutan Mobiele Brigade Kepolisian Keresidenan Riau, dipimpin oleh Inspektur Polisi TK I Hoemala Silalahi, pada perang kemerdekaan II. Tepat pada agresi ke II tentara Belanda melakukan penyerangan termasuk Riau.
    Pasukan baret biru yang berangkat dari Tanjung Pinang ini berhasil memerdekakan Melayu dari penjajah. Hal ini tentunya merupakan torehan tinta emas hadirnya Korps Brimob di Riau yang kini dikenal dengan Brimob Polda Riau.

    Jelas tergambar bahwa Brimob Polri mempunyai andil yang cukup besar dalam mempertahankan kedaulatan NKRI dari berbagai ancaman di samping sebagai aparatur penegak hukum. Brimob komit menjunjung tinggi loyalitas kesetiaan tinggi terhadap masyarakat bangsa dan pemimpinnya.

    Di hari yang berbahagia ini, di hari jadinya yang ke 69. Kapolda Riau Brigjen Pol Drs Dolly Bambang Hermawan menyampaikan harapannya agar Brimob Polda Riau selalu menjadi yang terdepan dan terbaik dalam memberikan pelayanan dan pengabdiannya di atas Tanah Melayu.
    ''Maknailah hari jadi ini untuk selalu mengintropeksi diri. Artinya, pengabdian satu tahun perlu untuk kita perbaiki, menjadi lebih baik lagi,'' ungkapnya.

    ''Selamat hari jadi yang ke 69 Brimobku. Kalau ada kekurangan mari sama-sama kita perbaiki. Jadilah yang terbaik, berikan pelayanan dan tunjukan pengabdian yang maksimal bagi seisi umat di atas Tanah Melayu ini,'' imbau Kapolda.




     
    Berita Lainnya :
  • Reskrim
    Gagal Mencuri Motor, Pelaku Babak Belur Dihakimi Warga
  • BinKam
    Amankan Pleno Kecamatan, Kapolres Bengkalis : Ini Merupakan Tanggung Jawab Polri
  • Reskrim
    Polres Kuansing Dalami Kasus Tewasnya Warga Oleh Oknum Anggota Polres Kuansing
  • Reskrim
    Polres Dumai Amankan Sepasang Kekasih Yang Lagi Asik
  • Reskrim Sus
    Dua Terdakwa Korupsi Jalan Bengkalis Diadili, Miliaran Uang Negara
  • Reskrim Um
    Palsukan Dokumen, Dua Tahanan Narkoba di Inhu Kabur dari Hotel
  • BinKam
    Kapolda Riau Terima Kunjungan 2 Personil Polda Riau Satgas Garuda Bhayangkara II FPU Polri
  • BinKam
    Kapolres Bengkalis Beserta Ketua KPU Kunjungi Rumah Duka Ketua KPPS Yang Meninggal Dunia
  • Lantas
    Anggoota KPPS Menjadi Korban Lakalantas Di Cerenti
  • Reskrim Um
    Pabrik PT SDS Terbakar di Dumai, Penyebab Kebakaran Masih di Selidiki
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Selasa, 23-April-2019 | Jam Digital
    © 2015-2019 TRIBRATA NEWS RIAU, All Rights Reserved