22:15 WIB - Gagal Mencuri Motor, Pelaku Babak Belur Dihakimi Warga 22:09 WIB - Amankan Pleno Kecamatan, Kapolres Bengkalis : Ini Merupakan Tanggung Jawab Polri 22:05 WIB - Polres Kuansing Dalami Kasus Tewasnya Warga Oleh Oknum Anggota Polres Kuansing 21:55 WIB - Polres Dumai Amankan Sepasang Kekasih Yang Lagi Asik 21:09 WIB - Dua Terdakwa Korupsi Jalan Bengkalis Diadili, Miliaran Uang Negara 20:54 WIB - Palsukan Dokumen, Dua Tahanan Narkoba di Inhu Kabur dari Hotel
 
Terkait Joe Penta Travel, Ditreskrimsus Polda Riau Tunggu Analisa PPATK
Reskrim Sus | Senin, 23-04-2018 - 15:01:56 WIB
Penulis: AA

TERKAIT:
 
  • Terkait Joe Penta Travel, Ditreskrimsus Polda Riau Tunggu Analisa PPATK
  •  

    tribratanewsriau.com. Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Riau, masih terus melakukan upaya penyelidikan dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) oleh travel umrah Joe Pentha Wisata (JPW).

    Sebagaimana diberitakan oleh kantor berita Riaupost co, bahwa penyidik masih menunggu hasil analisa Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) atas transaksi keuangan di perusahaan jasa perjalanan wisata tersebut.
    ‘’Hasil analisanya masih kita tunggu dari PPATK,” ujar Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Riau Kombes Pol Hadi Poerwanto, kepada wartawan, kemarin.

    Permintaan analisa dari penyidik telah dilayangkan ke PPATK beberapa waktu lalu guna mengetahui aliran dana dan transaksi keuangan perusahaan yang gagal memberangkatkan sekitar 800-an jamaah umrah tersebut.

    Sementara itu, selain menunggu analisa PPATK, penyidik juga memantau persidangan pidana awal yang menjerat Direktur Joe Pentha Wisata, M Yusuf Johansyah yang saat ini masih berlangsung.

    Memantau persidangan dilakukan guna mencari fakta baru yang terungkap dalam persidangan, termasuk kesaksian sejumlah saksi jamaah dan karyawan Joe Pentha Wisata. 
    ‘’Fakta di persidangan bisa saja jadi data baru bagi kita, tergantung hasilnya seperti apa,” ujarnya.

    Sampai saat ini lanjut mantan Wadirreskrimum Polda Sumsel itu, penyidik belum menaikkan status penyelidikan dugaan TPPU Joe Pentha Wisata. “Masih proses penyelidikan,” tegasnya.

    Selama proses penyelidikan diketahui jika adanya aliran dana ke luar negeri oleh pihak travel sejumlah tertentu. Aliran dana ini diduga sebagai salah satu modus TPPU yang dilakukannya.
    Diketahui, M Yusuf Johansyah saat ini sedang menjalani proses persidangan di Pengadilan Negeri Pekanbaru setelah travel umrah yang ia jalankan gagal memberangkatkan lebih dari 700 calon jamaah.

    Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Tinggi Riau menjerat terdakwa dengan Pasal 372 dan Pasal 378 tentang penggelapan dan penipuan.

    Dalam dakwaannya, JPU menyebut perbuatan JPW terjadi pada tahun 2014-2017 di mana Jo selaku pemilik dan pimpinan Joe Pentha Wisata tidak memberangkatkan ratusan calon jamaah sementara mereka telah menyetor uang sebesar Rp23 juta per orang.

    Terdakwa yang mulai kesulitan mengatur uang jamaah berusaha menutupi biaya perjalanan dengan tetap menerima pendaftaran. Uang pendaftaran calon jamaah baru itu kemudian digunakan terdakwa untuk memberangkatkan calon jamaah lain.(dal)




     
    Berita Lainnya :
  • Reskrim
    Gagal Mencuri Motor, Pelaku Babak Belur Dihakimi Warga
  • BinKam
    Amankan Pleno Kecamatan, Kapolres Bengkalis : Ini Merupakan Tanggung Jawab Polri
  • Reskrim
    Polres Kuansing Dalami Kasus Tewasnya Warga Oleh Oknum Anggota Polres Kuansing
  • Reskrim
    Polres Dumai Amankan Sepasang Kekasih Yang Lagi Asik
  • Reskrim Sus
    Dua Terdakwa Korupsi Jalan Bengkalis Diadili, Miliaran Uang Negara
  • Reskrim Um
    Palsukan Dokumen, Dua Tahanan Narkoba di Inhu Kabur dari Hotel
  • BinKam
    Kapolda Riau Terima Kunjungan 2 Personil Polda Riau Satgas Garuda Bhayangkara II FPU Polri
  • BinKam
    Kapolres Bengkalis Beserta Ketua KPU Kunjungi Rumah Duka Ketua KPPS Yang Meninggal Dunia
  • Lantas
    Anggoota KPPS Menjadi Korban Lakalantas Di Cerenti
  • Reskrim Um
    Pabrik PT SDS Terbakar di Dumai, Penyebab Kebakaran Masih di Selidiki
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Selasa, 23-April-2019 | Jam Digital
    © 2015-2019 TRIBRATA NEWS RIAU, All Rights Reserved