10:30 WIB - Satuan Resnarkoba Polres Inhil Kembali Amankan Pelaku Narkoba 10:07 WIB - Kapolres Kunasing Tandatangani MOU Sistem Penanganan Perkara Berbasis Elektronik. 19:36 WIB - Konfrensi Pers Pengungkapan kasus narkoba ditresnarkoba Polda Riau 09:27 WIB - Sering Jadi Sasaran Pengedar, Polsek Medang Kampai Sosialisasi Bahaya Narkoba ke Sekolah 23:32 WIB - Tim Karhutla Di Inhu Terus Berjibaku Padamkan Titik Api 23:23 WIB - Ditengah Pemadaman Api, Kapolsek Lirik Sempatkan Untuk Sholat
 
Kabid Humas Polda Riau: Karhutla Riau saat ini capai 3000-an Hektar Lahan
Reskrim Sus | Senin, 08-07-2019 - 12:14:59 WIB
Penulis: AA

TERKAIT:
 
  • Kabid Humas Polda Riau: Karhutla Riau saat ini capai 3000-an Hektar Lahan
  •  

    tribratanewsriau.com Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Provinsi Riau telah mencapai 3.315 hektare. Namun, sejauh ini Polda Riau beserta jajaran baru berhasil menjerat 16 tersangka pembakar lahan di Bumi Lancang Kuning.

    Sebagaimana diberitakan oleh kantor berita riaupos co  dengan sumber Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto mengatakan, tersangka dugaan tindak pidana karhutla berjumlah sebanyak 16 orang. Para tersangka, sebut Sunarto, diduga melakukan pembakaran lahan seluas 164 hektare yang tersebar di beberapa kota/kabupaten.
    ‘’Jumlah tersangka 16 orang. Sedangkan luasan lahan yang dibakar mereka, 165 hektare,” ungkap Sunarto kepada Riau Pos, Ahad (7/7).

    Untuk penanganan perkara, ditambahkan Sunarto, ditangani oleh enam Polres dengan 16 laporan polisi. Terhadap Polres Indragiri Hilir (Inhil) menangani satu perkara dan menjerat satu tersangka dengan luas lahan yang terbakar 40 hektare.

    Polres Rohil menangani sebanyak tiga perkara dengan menjerat tiga orang tersangka, sedangkan luas lahan yang terbakar 7,05 hektare. Kemudian, Polres Dumai menetapkan lima orang tersangka dari lima perkara dengan lahan terbakar seluas 12,5 hektare dan Polres Kepulauan Meranti menangani dua perkara dan menjerat dua orang tersangka dengan luas lahan terbakar 3,2 hektare.

    ‘’Polesta Pekanbaru, satu perkara dan satu tersangka dengan lahan terbakar 0,5 hektar. Sedangkan Polres Bengkalis menangani tiga perkara dan tiga tersangka atas kebakaran lahan seluas 100,75 hektare dan Polres Inhu mengusut satu perkara dan satu tersangka dengan lahan terbakar satu hektare,” paparnya.

    Sementara mengenai perkembangan perkara, dikatakan mantan Kabid Humas Polda Sulawesi Tenggara (Sultra), penyidik telah merampungkan proses penyidikan sebanyak 10 perkara. Hal ini, setelah tersangka bersama barang bukti dilimpahkan ke jaksa penutut umum (JPU) atau tahap II.
    ‘’Untuk tahap I ada tiga perkara yakni perkara di Dumai, Pekanbaru dan Meranti. Sedangkan, 2 perkara yang ditangani Polres Bengkalis dan satu di Polres Inhu masih dalam penyidikan,” pungkas Sunarto.

    Untuk diketahui, tercatat 3.315 hektare lahan telah hangus terbakar sejak Januari hingga Juni 2019. Dari jumlah tersebut, Kabupaten Bengkalis menjadi wilayah yang terluas mengalami karhutla dengan luas mencapai 1.435 hektare.

    Di Bengkalis, kebakaran lahan yang paling luas berada di Pulau Rupat. Di pulau yang berada persis di bibir Selat Melaka yang berbatasan langsung dengan negara tetangga itu mengalami kebakaran sejak awal tahun. Kondisinya terus memburuk hingga bulan berikutnya hingga membuat Panglima TNI harus mengirimkan seribuan anggota Komando Strategis Angkatan Darat untuk membantu pemadaman.

    Selain Bengkalis, kebakaran turut melanda wilayah Rohil dengan luas kebakaran mencapai 606,25 hektare. Selanjutnya Siak 366 hektare, Dumai 266,75 hektare dan Meranti 232,7 hektare.

    Kemudian, di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) 118,6 hektare, Pelalawan 90 hektare dan Indragiri Hulu (Inhu) 71,5 hektare. Di Pekanbaru 46,51 hektare, Kampar 64,1 hektare, Kuansing 5 hektare, dan Rokan Hulu 2 hektare



     
    Berita Lainnya :
  • Humaniora
    Satuan Resnarkoba Polres Inhil Kembali Amankan Pelaku Narkoba
  • Humaniora
    Kapolres Kunasing Tandatangani MOU Sistem Penanganan Perkara Berbasis Elektronik.
  • Res Narkoba
    Konfrensi Pers Pengungkapan kasus narkoba ditresnarkoba Polda Riau
  • Mitra Polisi
    Sering Jadi Sasaran Pengedar, Polsek Medang Kampai Sosialisasi Bahaya Narkoba ke Sekolah
  • Humaniora
    Tim Karhutla Di Inhu Terus Berjibaku Padamkan Titik Api
  • Humaniora
    Ditengah Pemadaman Api, Kapolsek Lirik Sempatkan Untuk Sholat
  • BinKam
    Unit Resintel Polsek Rengat Barat Amankan Seorang Pria Diduga Pelaku Pengedar Narkoba
  • BinKam
    Personil Polsek Kuala Cenaku Amankan Diduga Pelaku Pembakaran Lahan Kebun
  • Reskrim
    Polsek Tapung Amankan Pelaku Pembakaran Hutan dan Lahan
  • Reskrim
    Polsek Bukitraya Bekuk Pelaku Begal Rampas Motor
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Rabu, 17-Juli-2019 | Jam Digital
    © 2015-2019 TRIBRATA NEWS RIAU, All Rights Reserved