Anak Suku Talang Mamak Dilantik Jadi Anggota Polri

Anak Suku Talang Mamak Dilantik Jadi Anggota Polri

Selasa 29 Juni 2021 19:36:18 WIB

Tribratanewsriau.com - Setelah mengikuti pendidikan Bintara Polri tahun 2020/2021, dua orang anak Suku Talang Mamak resmi menjadi anggota Kepolisian Negara RI. Keduanya dilantik dan diambil sumpah sebagai Bintara oleh Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi. di Lapangan Upacara SPN Polda Riau, Desa Kualu Nenas, Kecamatan Tambang Kampar, Kabupaten Kampar.

Kedua anak suku pedalaman di Kabupaten Indragiri Hulu itu adalah Anto dan Andika Suwanda dilantik dan diambil sumpahnya di
Lapangan Upacara SPN Polda Riau, Desa Kualu Nenas, Kecamatan Tambang Kampar, Kabupaten Kampar, Senin (28/6/2021).

Anto dan Andika merupakan pemuda asli suku Talang Mamak yang tinggal di Desa Talang Jerinjing, Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu.

Anto, merupakan anak pasangan Panggelang dan Habibun serta Andika Swanda anak pasangan Tarmizi dan Mini.

Keduanya lulus dari rekrutmen program (Retpro) khusus suku pedalaman dan berprestasi sampai ke tingkat nasional tahun 2020.

kedua bintara ini dibina secara fisik dan non fisik sebelum mendaftar menjadi calon Bintara Polri oleh Bhabinkamtibmas Desa Talang Jerinjing Polsek Rengat Barat, Brigadir Komarudin.

Kapolres Inhu AKBP Efrizal Saat dikonfirmasi riauin.com melalui Ps Paur Humas Polres Inhu Aipda Misran membenarkan dua anak suku talang mamak resmi menjadi anggota polri.

"Awalnya ada 4 anak suku talang mamak yang ikut pelatihan dan mendaftar, namun hanya 2 orang dinyatakan lulus menjadi Bintara Polri," katanya.

Kapolres, juga menyampaikan, diterima anak suku Talang Mamak ini merupakan bukti nyata jika paradigma lama sudah mulai memudar. Sebab, dulu suku pedalaman dan masyarakat awam takut dengan polisi, justru sekarang mereka sudah banyak sudah menjadi anggota polisi.

Scroll to top