BERITA PILIHAN Senin, 01 Juni 2020 | Jam Digital
13:01 WIB - Pengedar Sabu di Pekanbaru Banyak Tertangkap di Kamar Hotel Selama PSBB 12:59 WIB - Rapid Test Massal, 10 Warga Tenayan Raya Pekanbaru Hasilnya Reaktif Covid-19 12:55 WIB - Geger, Pria di Pekanbaru Ditemukan Gantung Diri dalam Rumah Kontrakannya 12:54 WIB - Gencar Berantas Narkoba, Polres Inhu Tangkap Lagi 2 Pengedar Sabu 12:52 WIB - Polisi di Rohil Dilempari Batu dan Dikejar Warga dengan Parang Saat Amankan Tersangka Narkoba 12:37 WIB - Suherman Tewas Usai Kerja Maling, Dua Pencuri Berhasil Ditangkap, Ini Kronologinya
 
Penyidikan 63 Perkara Karhutla Telah Tuntas
| , -- - WIB
Penulis:

TERKAIT:
 
  • Penyidikan 63 Perkara Karhutla Telah Tuntas
  •  

    TribratanewsRiau - Kepolisian Daerah (Polda) Riau berserta jajaran Polres telah menuntaskan penyidikan 63 perkara dugaan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Bumi Lancang Kuning. Saat ini, hanya tersisa delapan perkara yang masih dalam proses tahap I.

    Demikian diungkapkan Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto, Jumat (29/11) kemarin. Dikatakan Sunarto, pihaknya menangani sebanyak 71 laporan polisi (LP) dengan menjerat 77 tersangka sepanjang tahun 2019.

    LP, tersangka perorangan 77 orang dengan luasan area terbakar 1.660,342 hektare,"ujar Sunarto.

    Terhadap perkara itu, dipaparkan Sunarto, secara keseluruhan ditangani Ditreskrimsus Polda Riau dan 12 Polres. Di antaranya, Polres Inhil menangani delapan perkara dengan menjerat sembilan orang tersangka. Lalu, Polres Inhu dan Polres Kepulauan Meranti masing-masing mengusut lima perkara dengan menetapkan lima tersangka, Polres Pelalawan dengan enam perkara dan enam tersangka dan Polres Rohil menangani sebelas perkara dengan dua belas tersangka.

    Kemudian, Polres Bengkalis menetapkan delapan tersangka dari tujuh perkara, Polres Siak mengusut lima perkara dengan menjerat enam tersangka, Polres Dumai menangani sembilan perkara dengan sembilan tersangka. Polres Rohul menetapkan dua tersangka dari dua perkara, Polres Pekanbaru dan Polres Kuansing mengusut masing-masing empat perkara dan menetapkan empat tersangka.

    "Ditreskrimsus menangani tiga perkara, dua di antaranya perkara kebakaran lahan di area PT SSS (Sumber Sawit Sejahtera) dan PT TI (Tesso Indah). Dari perkara itu ditetapkan lima orang tersangka," imbuhnya.

    Ditambahkannya, dari perkara tersebut 60 di antaranya berkas perkara dan tersangka telah diserahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) atau tahap II. Sedangkan, delapan perkara masih dalam tahap I yang mana perkara itu ditangani Ditreskrimsus Polda Riau, Polres Pelalawan, Polres Rohil, Polres Dumai dan Polres Meranti masing-masing satu perkara serta Polres Siak ada tiga perkara.

    "Delapan perkara masih dalam tahap I. Lalu tiga perkara dinyatakan lengkap atau P-21 oleh kejaksaan, kita tinggal menunggu pelaksanaan tahap II," ujar Sunarto.

    Untuk diketahui, total luas lahan terbakar ddi Riau selama Januari hingga Oktober 2019 mencapai 9.713,80 hektare. Dari 12 kabupaten/kota, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menjadi wilayahnya paling luas terbakar.



     
    Berita Lainnya :
  • Res Narkoba
    Pengedar Sabu di Pekanbaru Banyak Tertangkap di Kamar Hotel Selama PSBB
  • Mitra Polisi
    Rapid Test Massal, 10 Warga Tenayan Raya Pekanbaru Hasilnya Reaktif Covid-19
  • Reskrim
    Geger, Pria di Pekanbaru Ditemukan Gantung Diri dalam Rumah Kontrakannya
  • Res Narkoba
    Gencar Berantas Narkoba, Polres Inhu Tangkap Lagi 2 Pengedar Sabu
  • Reskrim
    Polisi di Rohil Dilempari Batu dan Dikejar Warga dengan Parang Saat Amankan Tersangka Narkoba
  • Reskrim
    Suherman Tewas Usai Kerja Maling, Dua Pencuri Berhasil Ditangkap, Ini Kronologinya
  • Reskrim Sus
    Lakukan Pengembangan Kasus Ilog di SM Rimbang Baling, Polisi Buru Pihak Pemodal
  • Mitra Polisi
    Sejumlah Objek Wisata di Riau Sudah Mulai Buka, Ini Syarat dari Pemerintah
  • Reskrim
    Bikin Elus Dada, Ancam Sebarluaskan Utang di Medsos, Seorang Pria Ajak Berhubungan Sesama Jenis
  • Reskrim
    Pura-pura akan Sholat, Pria di Perawang Ini Bongkar Kotak Infak Masjid, Aksinya Terekam CCTV
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    © 2015-2019 TRIBRATA NEWS RIAU, All Rights Reserved